Home Apple Flutter Vs. React Native: Mana yang Harus Dipilih?

Flutter Vs. React Native: Mana yang Harus Dipilih?

4
0

Pemain pasar terkemuka dan kerangka kerja pengembangan – Flutter dan React Native telah menjadi pesaing teratas yang bersaing untuk membuktikan nilai mereka di seluruh pengembangan aplikasi seluler lintas platform. Orang-orang yang ingin mengembangkan aplikasi lebih cepat dengan biaya lebih murah akan bingung karena merasa sangat sulit dalam mengidentifikasi framework mana yang paling sesuai dengan ide aplikasi mereka.

Membuat latihan ini sedikit mudah, dalam artikel ini, kami telah membahas poin perbandingan paling penting yang akan membantu Anda mendapatkan wawasan yang berarti dalam memilih keduanya.

Apa itu Flutter dan React Native? Intip

Flutter adalah SDK aplikasi seluler yang memungkinkan Anda menulis aplikasi dalam satu database dan mengompilasi ke Android dan iOS ATAU menjadikannya sebagai perangkat UI portabel Google untuk membuat aplikasi yang dikompilasi secara native untuk seluler, web, dan desktop dari satu basis kode.

React adalah kerangka JavaScript Facebook yang digunakan untuk menulis aplikasi seluler asli dan nyata untuk iOS dan Android.

Faktor Perbandingan

A. Bahasa Pemrograman

React Native menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh pengembang web yang membuatnya mudah untuk diadopsi. Meskipun Flutter menggunakan bahasa pemrograman Dart yang jarang digunakan dan kurang populer di komunitas pengembang – kami dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa React yang memimpin.

B. Arsitektur Teknis

React Native menggunakan JavaScript Bridge untuk berkomunikasi dengan modul asli dan sebaliknya, flutter memiliki semua komponen asli yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi di Flutter Engine atau kerangka kerja itu sendiri yang membuat kinerjanya lebih baik daripada yang sebelumnya.

C. Antarmuka Pengguna

Aplikasi Flutter terlihat bagus di semua versi OS karena satu codebase dan sifatnya yang kaya komponen yang berarti aplikasi akan berperilaku secara alami dan menyalin komponen aslinya sedangkan, komponen aplikasi Native terlihat seperti yang asli. Jadi jika Anda ingin aplikasi Anda terlihat hampir sama di semua platform, Anda dapat menggunakan React.

D. Waktu ke Pasar

React, tentu saja, lebih cepat dalam pengembangan tetapi sedikit kurang dari flutter. Mempertimbangkan, ia menggunakan komponen bridge dan native yang memerlukan pengoptimalan terpisah untuk setiap platform yang meningkatkan waktu pengembangan.

E. Kapan Tidak Memilih

Jika desain aplikasi Anda khusus platform, memerlukan banyak interaksi dengan OS, memerlukan UI minimalis dan khusus tentang perangkat keras ponsel, flutter bukanlah kerangka kerja yang harus Anda gunakan. Anda harus memilih pengembangan aplikasi asli sedangkan, jika aplikasi Anda memerlukan komunikasi khusus melalui Bluetooth, harus menangani beberapa tugas rumit di latar belakang dan Anda ingin mengembangkan aplikasi khusus Android, maka pastikan Anda menggunakan pengembangan aplikasi asli. Karena itu bagus untuk pengembangan aplikasi iOS.

F. Dukungan Komunitas

Sejak React diluncurkan jauh lebih awal daripada Flutter, itu telah mendapatkan popularitas yang sangat baik tetapi flutter masih baru lahir dalam tahapnya dengan komunitas yang berkembang.

G. Pengujian Dukungan

Komunitas React Native tidak memiliki dukungan resmi untuk pengujian dan integrasi tingkat UI; itu menggunakan alat pihak ketiga seperti Detox dan Appium, sedangkan flutter memiliki serangkaian fitur pengujian yang kaya seperti pengujian widget yang membuatnya jauh lebih hebat daripada React.

Secara meyakinkan, flutter masih naif tetapi secara aktif bekerja untuk meningkatkan stabilitasnya dan ada banyak aplikasi yang dibangun dengan Flutter beberapa di antaranya adalah aplikasi Xianyu oleh Alibaba, aplikasi Google Ads, Aplikasi untuk JD finance, aplikasi Hamilton, dll. Dan aplikasi populer dibuat dengan React Native adalah Instagram, Facebook, Pinterest, Skype, Tesla, Wix, dll.

Mempertimbangkan perbandingan di atas, Anda mungkin dapat menghitung framework mana yang paling cocok untuk Anda pengembangan aplikasi seluler.