Home Apple iPhone 6s & 6s Plus, iPad Pro: Apa yang Baru dari Perspektif...

iPhone 6s & 6s Plus, iPad Pro: Apa yang Baru dari Perspektif Pengembang IOS?

2
0

Saat mengembangkan aplikasi iOS, pemrogram harus fokus pada model iPhone, iPad, dan iPod touch yang berbeda untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih kaya di beberapa perangkat iOS. Meskipun berjalan pada versi iOS yang sama, ukuran layar, fitur, dan fungsionalitas masing-masing perangkat berbeda. Jadi model baru dari berbagai perangkat yang diluncurkan oleh Apple baru-baru ini di sebuah acara di San Francisco akan berdampak besar pada pengembangan aplikasi iOS.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Apple, para pengembang dapat dengan mudah mengidentifikasi fitur-fitur penting dari iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPad Pro. Model iPhone baru dirancang untuk pengguna biasa, sedangkan iPad Pro dirancang dengan menargetkan pengguna profesional dan perusahaan. Pengembang perlu memanfaatkan fitur khusus dari berbagai perangkat Apple untuk membuat aplikasi iOS baru memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih kaya, dan mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi.

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

iPhone 6s akan memiliki layar 4,7 inci, sedangkan versi 6s Plus akan memiliki ukuran layar 5,5 inci. Karena ukuran layar model baru serupa dengan yang sudah tersedia 6 dan 6 Plus, ukuran layar model baru tidak akan berdampak signifikan pada bagian depan pengembangan aplikasi. Namun teknologi 3D yang diperkenalkan oleh Apple akan sepenuhnya mengubah pengembangan aplikasi seluler. Fitur yang dipinjam dari Apple Watch memungkinkan pengguna menerapkan berbagai tingkat tekanan pada layar sentuh perangkat.

Misalnya, pengguna sekarang dapat dengan mudah menekan keras pada aplikasi Maps, dan melihat pintasan ke opsi terkait seperti Arah Rumah dan Tandai Lokasi Saya. Demikian pula, fitur sentuh 3D memungkinkan pengguna untuk menampilkan cepat isi email hanya dengan mengklik keras pada email yang belum dibaca di kotak masuk. Tampilan cepat akan memungkinkan pengguna untuk membaca kontennya, tanpa menandai email sebagai telah dibaca. Jadi, pengembang aplikasi harus mengizinkan pengguna untuk mengakses bagian atau aspek penting dari suatu aplikasi tanpa membuka aplikasi atau mengikuti langkah-langkah tertentu.

Model terbaru iPhone juga akan menyertakan Touch ID generasi ke-2, chip 64-bit A9 dengan M9, 5MP FaceTime HD dengan Retina Flash, kamera 12MP iSight dan video 4K, dan Live Photo. Produsen besar selanjutnya akan menggunakan lensa canggih untuk meningkatkan kapasitas 12 megapiksel dari kamera iSight. Fitur ini akan mendorong pengguna untuk mengambil gambar yang lebih tajam dan tajam, dan mempostingnya di situs jejaring sosial online. Mereka bahkan dapat memanfaatkan fitur Live Photo untuk membuat klip video dengan menggabungkan foto berkualitas tinggi. Jadi, kamera iSight yang ditingkatkan dan fitur Live Photo akan berdampak pasti pada pengembangan aplikasi iOS.

iPad Pro

Apple telah merancang iPad Pro dengan ukuran layar 12,9 inci untuk memenuhi kebutuhan profesional dan pengguna perusahaan. Dibandingkan dengan iPad Air, versi Pro memiliki layar yang lebih besar, daya pemrosesan yang lebih besar, dan aksesori yang lebih baik. Pengguna sekarang memiliki opsi untuk menggunakan Apple Pencil untuk berinteraksi dengan layar iPad secara lebih proaktif. Layar di iPad Pro akan merespons sesuai dengan tingkat tekanan yang diterapkan oleh stylus, sambil menampilkan aplikasi yang sesuai yang terkait dengan gambar dan tulisan tangan.

Pengguna juga memiliki opsi untuk berinteraksi dengan iPad Pro melalui Smart Keyboard yang menyertakan tombol fisik dengan cara yang mirip dengan keyboard laptop. Konektor pintar yang disertakan dalam Smart Keyboard selanjutnya dapat mentransfer daya dan data. Apple telah meningkatkan aplikasi Mail dan Notes untuk mendukung stylus. Saat mengembangkan aplikasi untuk perangkat ini, pengembang aplikasi iOS harus mengingat bahwa pengguna akan senang mengakses dan berinteraksi dengan aplikasi mereka melalui Apple Pencil dan Smart Keyboard. Pada saat yang sama, mereka juga perlu berkonsentrasi pada Split View, Slide Over, Picture in Picture dan peningkatan multitasking serupa untuk iPad yang disertakan dalam iOS 9.

Seperti yang jelas terjadi, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPad Pro akan didukung oleh iOS. Apple telah merilis versi pratinjau beta dari iOS 9 dengan beberapa fitur dan peningkatan baru. Jadi para pengembang perlu fokus pada versi mendatang dari platform seluler Apple, bersama dengan model iPhone dan iPad yang diluncurkan oleh perusahaan baru-baru ini.